Mengenai Ikan Sapu Sapu & Bahaya Bila Dimakan

Mengenai Ikan Sapu Sapu & Bahayanya Bila Dimakan

Mengenai Ikan Sapu Sapu & Bahayanya Bila Dimakan. Terkadang ikan sapu sapu tidak sedikit dijumpai pada empang kolam rumah. Ikan yang bentuknya aneh seperti mempunyai kulit yang keras, terlihat serupa lele namun tidak punya kumis ini dikenal dengan nama ikan sapu-sapu. Jika kamu menemukan ikan ini tidak boleh dimakan ya, di samping mempunyai bau yang tidak sedap ikan ini pun berbahaya untuk kesehatan.

Nah, jadi bikin apa ikan ini? Ada pun orang-orang yang sengaja menciduk ikan ini untuk di taruh pada akuariumnya Indocsn188 sebab katanya sih ikan ini rajin, soalnya cocok dengan namanya ikan sapu-sapu. Ikan ini juga dapat membuat akuarium menjadi bersih. Hmm bagus pun ya, jadi nggak capek-capek bikin bersihin akuarium sering-sering lagi.

Seperti Apa Ikan Sapu-sapu Itu? Ikan yang berasal dari Amerika tropis ini ialah ikan air tawar, ia pun masih tergolong kedalam famili Loricariidae, tetapi tak seluruh anggota dari Loricariidae ialah sapu-sapu. Di samping dikenal sebagai ikan sapu-sapu, ikan ini pun mempunyai nama lain, yaitu ikan bandaraya. Selain tersebut juga dalam perniagaan ikan internasional ikan ini dikenal pun sebagai plecostomus atau singkatannya, plecos dan plecs.

Sapu-sapu ialah ikan air tawar yang familiar sebagai pemakan alga/lumut, yang lebih populernya lagi ikan ini pun disebut sebagai pembersih akuarium. Sebagai ikan pembersih akuarium, tentunya ikan ini dapat hidup bersebelahan dengan ikan akuarium lainnya. Ikan ini tidak sedikit dicari semua pemelihara ikan hias dan guna diperdagangkan sebagai pembersih akuarium ikan ini dipasarkan dalam ukuran kecil dan sedang. Sebagai pembersih, ikan ini ialah jenis ikan omnivora (pemakan segala). Namun lebih sering menggali sisa-sisa tanaman air pada ketika malam hari.

Ikan ini mempunyai 2 perangkat pernafasan, perangkat pernafasan yang kesatu ialah insang dan labirin, keduanya dipakai untuk di perairan yang berbeda. Misalnya dengan memakai insang biasa ikan sapu-sapu sedang sedang di air yang jernih. Namun andai berada di air yang keruh, maka ikan sapu-sapu bernafas memakai labirin. Dengan kedua perangkat pernafasan tersebutlah ikan ini bisa hidup walau didalam lumpur sekalipun.

Masalah makanan, masing-masing makhluk hidup pasti memerlukan makan. Sama halnya dengan sapu-sapu, ia pun membutuhkan makanan dan pangan ikan ini ialah mentimun. Tak melulu mentimun saja, ikan sapu-sapu pun memakan lendir-lendir fauna dan lumut. Ikan yang tergolong kedalam jenis ikan Omnivora dan tergolong ikan yang pendamai dengan ikan lain, kecuali common pleco yang bisa melukai ikan pendamai yang lainnya. Contoh makanannya yakni : 1) Non hidup : Algae wafer, saldo pakan ikan, ikan mati, mentimun yang ditenggelamkan,etc. 2) Hidup : Algae, kutu air, infusoria.

Meletakan ikan sapu-sapu pada akuarium kamu memang terdapat untung terdapat ruginya. Dalam merawat ikan didalam akuarium kita pun selalu memperhatikan kesucian dari akuarium maka tidak jarang sekali empunya akuarium memasukkan ikan sapu-sapu kedalamnya sebagai pembersih dari akuraium. Ikan sapu-sapu pun dapat berbaur dengan ikan lainnya dalam akuarium dan dapat mencuci sisah makanan dan jamur serta lumut yang tumbuh didalamnya.

Dibalik keuntungannya, ada pun kerugian yang didapat atas merawat ikan sapu-sapu dalam akuarium yakni andai ikan sapu-sapu dipelihara bersamaan dengan ikan lainnya yakni akan menciptakan ikan mati, kok bisa?

Karena dalam sejumlah kasus yang dirasakan para penghobi ikan khususnya yang merawat ikan hias didalam akurium tidak jarang sekali ikan sapu-sapu menciptakan ikan lainya merasakan kematian, khususnya untuk ikan yang sedang terluka, urusan ini disebabkan ikan sapu sapu bakal menghisap bekas luka dari ikan lainnya yang menciptakan luka pada ikan bakal semakin membesar dan tidak kunjung sembuh.

Apa ikan sapu-sapu dapat dimakan?

Pasti tidak sedikit pertanyaan sekitar ini, apakah ikan ini dapat dimakan atau tidak. Nah, ternyata guna yang berencana guna mengkonsumsi ikan ini, usahakan kalian mesti waspada sebab menurut keterangan dari penelitian ikan sapu-sapu ialah satu-satunya spesies ikan yang bisa bertahan dalam air yang terkontaminasi paling berat sekalipun, contoh: sungai yang berwarna hitam laksana oli, dll.

Oleh karenanya, setelah dicek di laboratorium, ternyata daging ikan sapu-sapu itu tidak sedikit berisi: merkuri, timbal, logam berat, dsb (bahan perusakan sungai). Ketika ikan-ikan lain telah pada tewas, ikan sapu-sapu tetap survive, kalo ikan sapu-sapu udah sampe gak ada, berarti gak terdapat makhluk hidup beda yg dapat hidup, urusan ini jadi barometer tingkat perusakan sungai. Ternyata ikan sapu-sapu tersebut boleh dimakan dengan teknik dikukus laksana ayam. Tapi apa kalian masih inginkan makan saat sudah mengetahui santap yang dikonsumsi oleh ikan sapu-sapu ini?

Bahaya dampak makan ikan sapu-sapu. Banyaknya oknum yang tidak bertanggung jawab, dimana mereka merubah bahan makanan somay misalnya, yang awalnya dari ikan tenggiri. Namun sebab terlalu mahal, semua pedagang yang culas mengubah bahan ikan itu dengan memakai ikan sungai, yaitu ikan sapu-sapu. Dimana ikan sapu-sapu ternyata sangatlah membahayakan untuk kesehatan. Bahkan sangking berbahayanya, mengkonsumsi ikan ini bisa mengakibatkan:

  1. Gatal gatal kulit
  2. Tukak lambung
  3. Kerusakan otak
  4. Anemia
  5. Tulang gampang rapuh
  6. Gangguan faedah hati
  7. Kerusakan email gigi
  8. Ginjal rusak
  9. Kanker
  10. Keracunan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *